Selasa, 13 Oktober 2009

Surat Pertama. Mata Kenangan Dari Ayah untuk Mas Adi (Shri Tjahyadi Bahrain)

RAIHLAH CITA CITAMU, SELESAIKAN KULIAMU DENGAN BAIK
Jakarta, 28 September 2009
Mas Adi, sayang!
Ayah Cuma ingin melengkapi komunikasi via SMS beberapa waktu lalu. Khususnya saat hari pertama pemberangkatan Mas Adi ke Yogyakarta untuk memulai lanjutan kuliah setelah satu pekan libur Iedul Fitri. Artinya tanggal 28 September 2009 ini merupakan kuliah pertama yang paling serius dan efektif. Aktivitas ini akan berjalan normal selama satu semester. Jika dibentangkan waktu satu semeter itu dimulai bulan Oktober 2009 s/d Pebruari 2010.
Sekarang mungkin yang harus benar-benar diperhatikan setelah proses penyesuaian adalah memanfaatkan dan mengatur waktu seefektif mungkin. Ayah ingin ada keseriusan yang harus dilakukan dan dikerjakan Mas Adi. Kalau dipilah-pilah waktu yang akan dilalui dalam Semeter I ini benar-benar sedikit. Terpotong hari libur biasa dan hari-hari libur resmi (hari besar). Biasanya dalam masa-masa kuliah kalender akademiknya akan dipecah dua menjadi Tengah Semeter dan Akhir Semeter. Masing-masing waktu efektifnya tidak lebih 1,5 bulan atau 45 hari. Andaikata ini lalai dan benar-benar disepelekan atau dibuat gampangan dengan membuang-buang waktu percuma, maka kegagalan ini harus di ulang lagi tahun depan. Berarti akan molor 1 tahun berikutnya.
Oleh karena itu yang paling utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita sehabis mendengarkan kuliah di kelas (tutorial) secepatnya membuat ringkasan (summary) dengan memperdalam materi kuliah tersebut dengan buku-buku yang di dapat di perpustakaan. Ingat jangan ditunda. Sehabis kuliah, buru-buru membuat ringkasan (summary) atas materi kuliah yang baru saja Mas Adi dapatkan di ruang kuliah. Cari bahan-bahannya di perpustakaan atau bisa juga di internet. Baca berulang-ulang sehingga daya ingat kita menjadi kuat dan sistimatis dalam menyampaikan kembali dalam bentuk deskripsi (tertulis) maupun lisan (tutur). Jangan sekali-sekali ditumpuk dalam kepala kita. Nanti berat sekali.
Masa-masa kuliah yang paling berat, jenuh dan membosankan adalah Semster I s/d Semeter III. Paling berat sekali adalah Semester I. Ayah minta Mas Adi sekali lagi benar-benar serius dan konsentrasi. Jangan mengikuti aktivitas kampus yang tidak ada kaitan langsung dengan materi kuliah. Kegiatan esktra kampus, sebaiknya ditunda dan diikuti selepas Semester III. Usahakan nilai-nilai ujian mata kuliahnya menghasilkan IP sangat baik. Jangan sampai nilai-nilai ujian mata kuliahnya di bawah angka 7,5. Harus di atas angka 7,5, syukur-syukur bisa rata-rata 8.
Andaikata Mas Adi bisa memperoleh nilai rata-rata 8 di Semeter I ini, proses kuliah bisa dipercepat dengan mengambil mata kuliah lebih banyak dari yang ditentukan. Maka semakin banyak mata kuliah diambil, akan semakin terkumpul atau terakumulasi SKS yang Mas Adi dapatkan. Bukan tidak mungkin di Semester VI atau VII, kuliah bisa dirampungkan dengan baik. Segera pikirkan dan laksanakan. Insya Allah! Waktu 4 tahun itu sebentar saja bisa dilalui. Setelah itu Mas Adi akan masuk ke dunia kerja dan masyarakat.
Ayah, Ibu dan Adik-adik semua sangat mendo’akan agar Mas Adi bisa sukses dan cepat selesai melalui masa-masa kuliah di STTA Yogyakarta dengan baik dan berhasil sebagaimana yang diharapkan bersama. Semua akan bangga ketika Mas Adi mendapatkan gelar Sarjana Tehnik. Apalagi setelah itu bisa mendapatkan pekerjaan di sebuah instansi pemerintah atau perusahaan yang mapan. Insya Allah! Semua bisa dicapai hanya melalui kerja keras, ketekukan, keulatan dan kesabaran dalam melakoninya. Amin....
Senantiasa,
Ayahanda
Suherman
Catatan :
Soal laptop, Ayah minta Mas Adi tunjukan prestasinya di Semester I ini. Insya Allah! Bulan Pebruari 2010 saat liburan Semester I, ketika Mas Adi ke Jakarta, balik ke Yogyakarta bisa Mas Adi bawa. Tapi ingat selesaikan mata kuliah di Semeter I ini dengan baik. Soal buku-buku dan penunjang lainnya akan segera Ayah penuhi. Oh ya! Jangan lupa perhatikan makan (gizinya) sehari-hari. Kalau catering tidak enak, jangan dilanjutkan. Makan yang teratur dan jangan banyak jajan. Ini untuk menunjang daya pikir otak. Lupakan bermain warnet yang tidak perlu.
Satu hal yang telah Ayah siapkan untuk Mas Adi nanti yaitu tiket liburan Semeter I Yogyakarta – Jakarta (PP). Simpan baik-baik atau bisa diprint-out ulang. Sedangkan untuk Liburan Akhir Tahun (Agustus 2010) juga sudah disiapka. Mungkin kalau bisa agar tidak jenuh, kita jalan-jalan ke Aceh ( Oom Rahmat) atau Riau ke teman Ayah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar