Kamis, 15 Oktober 2009

Anies Baswedan Disebut Calon Menteri Pendikan

Anies Baswedan Disebut Calon Menteri Pendikan
By Arry Anggadha - Kamis, Oktober 15
VIVAnews - Nama Anies Baswedan PhD disebut-sebut menjadi salah satu calon yang akan duduk di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Rektor Universitas Paramadina itu disebut bakal menggantikan posisi Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo.
Informasi yang diperoleh VIVAnews, posisi Menteri Pendidikan Nasional ini juga akan diperebutkan oleh Rektor Universitas Indonesia Prof Dr Der Soz Gumilar Rusliwa Sumantri.
Melihat kiprahnya, karir pria kelahiran Kuningan, 7 Mei 1969 itu, cukup mumpuni. Sejumlah penghargaan di bidang pendidikan telah diraihnya.
Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM), Anies aktif di gerakan mahasiswa dan terpilih menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM. Saat kuliah, Anies juga sempat menerima beasiswa dari Japan Airlines Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang.
Lulus dari Kampus UGM pada 1995, Anies diterima bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi di UGM. Kemudian sejumlah beasiswa pendidikan pernah didapatnya. Salah satunya adalah beasiswa Fulbright untuk pendidikan Master Bidang International Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park.
Saat kuliah di Amerika Serikat, Anies juga menggunakan waktunya untuk menulis dan menjadi pembicara di sejumlah seminar. Dia banyak menyoroti masalah desentralisasi, demokrasi, dan politik Islam di Indonesia.
Pada Mei 2008, Majalah Foreign Policy memasukkan nama Anies dalam daftar 100 intelektual publik dunia. Anies juga bahkan dipilih oleh World Economic Forum sebagai salah satu Young Global Leaders.
Raihan penghargaan itu mensejajarkan Anies dengan sejumlah tokoh dunia seperti Lee Kuan Yew, Al Gore, Francis Fukuyama, dan Muhammad Yuns.
Pada perhelatan Pilpres 2009, Anies juga terpilih menjadi moderator debat calon presiden. Dalam debat itu, Anies mengangkat isu mengenai Lumpur Sidoardjo, Alutsista, HAM, dan masalah TKI.
Saat ini Anies yang memperisteri Prof DR Aliyah Rasyid, M.Pd. (Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta) telah dikaruniai tiga putera, yakni Mutiara Annisa, Mikail Azizi, dan Kaisar Hakam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar