Sabtu, 08 Agustus 2009

WS RENDRA SAKIT

WS RENDRA SAKIT

WSRENDRABeberapa hari terakhir, banyak berita besar dinegeri ini. Mulai dengan Pemilihan Presiden dengan segala hiruk pikuknya, perang urat leher antara Tim Sukses Manohara melawan Raja Kelantan, Gempa Bumi dan Penyerangan oleh OPM di Papua, Kematian Michael Jackson dan berita-berita habat lainnya, terselip berita sakitnya WS Rendra.

Saya adalah satu dari banyak orang yang menyukai kepenyairannya merasa penasaran dengan apa yang terjadi atas Mas Willy. Tak banyak media yang secara khusus mengabarkan keadaannya maka saya berusaha nyuwun priksa eyang google dan dari detik news, mengabarkan seperti ini:

Penyair kondang yang terkenal dengan julukan Si Burung Merak, WS Rendra, menjalani perawatan di UGD RS Harapan Kita, Jakarta. Rendra dirawat untuk penyakitnya: jantung koroner.

“Dirawat di Harapan Kita sejak Senin,” kata putri Rendra, Clara Sinta, saat dihubungi detikcom, Rabu (1/7/2009) malam. Sebelumnya pria kelahiran Solo tahun 1935 itu sempat dirawat di RS Cinere sejak Kamis, 25 Juni. Namun karena kondisinya tidak membaik, Rendra lantas dirujuk ke RS Harapan Kita. Saat ditanya mengenai keadaan sang ayah, Clara hanya menjawab singkat. “Ya doakan saja,” ucapnya.

ws rendraBeredar kabar kesehatan penyair WS Rendra yang dirawat di RS Jantung Harapan Kita memburuk. Rumor lewat SMS ini disanggah keluarga.

“Itu kabar tidak benar. Sejak masuk RS keadaan Mas Rendra saat ini semakin membaik,” ujar asisten naskah dan karya-karya Rendra, Edi Haryono, saat dikonfirmasi detikcom, Jakarta, Senin (13/7/2009) pukul 15.50 WIB.

Dia menuturkan, SMS tentang kabar memburuknya kondisi Si Burung Merak itu disebarkan oleh salah seorang sahabat Rendra.

“Tapi yang bersangkutan tidak tahu kondisi Mas Rendra yang sebenarnya, karena yang bersangkutan di Jawa Timur,” terang Edi. Atas hal tersebut sang sahabat telah meminta maaf kepada keluarga besar Rendra.

“Saya juga sudah memerintahkannya untuk klarifikasi kepada sahabat yang sudah di-SMS-nya, supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak benar,” tambah Edi.

Rendra dirawat di RS Jantung Harapan Kita sejak 30 Juni. Saat ini kondisi pendiri Bengkel Teater ini membaik karena mendapat layanan prima dari ahlinya.

“Dia di bawah pengawasan langsung Prof dr Otte (ahli jantung) dan dr Mirza (ahli ginjal) dan disiplin sangat ketat, sehingga semakin membaik,” terang Edi.

Semenjak Rendra sakit, keluarga, sahabat dan para pejabat menjenguk penyair kelahiran Solo, 7 November 1935 itu.

“Menteri juga sudah banyak yang menjenguk, seperti Menkominfo, Menkes, Menhut. Istrinya Gus Dur seperti Sinta Nuriyah, Jakob Oetama juga pernah datang,” kenang Edi.

Tim dokter Rumah Sakit Jantung Harapan Kita melakukan observasi dan evaluasi terhadap kesehatan penyair WS Rendra, yang saat ini masih menjalani perawatan intensif di Blok B 18 Lantai 2 bagian cardiac vascular care unit.

Kondisi WS Rendra yang telah dirawat hampir dua minggu itu dalam keadaan yang kurang baik karena diduga menderita jantung koroner, namun pihak rumah sakit membantah hal tersebut karena saat ini masih dilakukan observasi dan evaluasi. (der)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar