Minggu, 17 Mei 2009

SISTEM PEMBELJARAN CENTRA

SISTEM PEMBELAJARAN CENTRA
TAMAN KANAK KANAK KELUARGA DIAN ISLAMI

A. Latar Belakang
Metode dan cara pembelajaran yang dilaksanakan saat ini sangat fariatif, sedangkan tuntutan masyarakat berkaitan dengan pendidikan yang berkualitas sangat tinggi, sehingga banyak persaingan di dunia pendidikan untuk mencuri perhatian masyarakat dengan cara dan sistem pembelajaran yang beraneka ragam, dengan tujuan membasi siswa/lulusan siswanya menjadi anak yang kreatif, inovatif serta mandiri.
Taman Kanak Kanak Keluarga Dian Islami tidak kalah dalam hal ini, untuk meningkat mutu pelayanan dan kepuasan terhadap tuntutan masyarakat dalam dunia pendidikan dengan identitas Islam, maka diwujukan sistem pembelajaran yang dipadukan antara Kurikulum Pembelajaran Umum yaitu Kurikulum Tahun 2004 dengan Kurikulum Berbasis Agama yang dikemas secara Islami dengan didukung oleh 8 Jalur Keagamaan yang menjadi khas dari Taman Kanak Kanak Keluarga Dian Islami yang bertujuan menjadikanpara siswa berakhlakul karimah sesuai dengan Ajaran Nabi Muhammad SAW, yaitu pembelajaran dengan sistem CENTRA.

B. Kurikulum Yang Digunakan
1. Centra Ibadah meliputi :
Pembelajaran Agama, Mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an, Pembentukan Aqidah Pembiasaan berakhlakul karimah terhadap diri sendiri dan orang lain.
2. Centra Persiapan Meliputi :
Pembelajaran Matematika dan Pengenalan konsep bilangan serta pengenalan huruf untuk persiapan membaca permulaan.
3. Centra Alam Sekitar/Bahan Alam meliputi :
Pengenalan tentang alam sekitar dengan melakukan penelitian sederhana terhadap tumbuhan, tadabur alam dan percobaan yang bersifat praktis.
4. Centra Gerak dan Musik meliputi :
Mengekspresikan seni meliputi tarian, gerak dan lagu serta puitisasi sbb :
a. Centra Art dan Kreatifitas meliputi :
Pengembangan dasar motorik halus untuk melatih kepekaan terhadap warna dan objek kreatifitas sehingga anak mampu mengeksplor kemampuan yang dimiliki.
b. Centra Balok atau Konstruksi meliputi :
Menggali potensi anak dalam mengembangkan potensi imajinasi yang terarah sesuai Pengembangan potensi dan dunia anak, sehingga belajar tetap akan menyenangkan bagi anak.
c. Centra Bermain Peran meliputi :
Menggali daya kreatifitas anak disertai menggali potensi anak dalam kemampuan untuk meniru dan memerankan tokoh yang dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar